eksis teruz sahabatku teman kelasku gaya titik aku sama teman2

Minggu, 23 Juni 2013

Pohon Manggis

Pohon Manggis
Apa dan bagaimana buah manggis (Garcinia Mangostana) itu?
  1. Tahukah Anda pohon manggis tumbuh liar di hutan dan pegunungan dengan ketinggian pohon bisa mencapai 15 (lima belas) sampai 20 (dua puluh) meter lebih?
  2. Tahukah Anda petani tidak mau membudidaya karena masa berbuah membutuhkan waktu lebih dari 10 (sepuluh) tahun?
  3. Tahukah Anda mengapa buah manggis disebut Queen of Fruits (Ratu dari Segala Buah)?
  4. Adakah satu zat yang terkandung sehingga pohon manggis ini bisa hidup mencapai usia 200 (dua ratus) tahun?.
  5. Dan bisakah zat ini juga dapat membuat kita berumur lebih panjang, jika dikonsumsi rutin?
Manggis merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari hutan tropis yang teduh di kawasan Asia Tenggara, yaitu hutan belantara Malaysia atau Indonesia. Dari Asia Tenggara, tanaman ini menyebar ke daerah Amerika Tengah dan daerah tropis lainnya seperti Srilanka, Malagasi, Karibia, Hawaii dan Australia Utara. Di Indonesia manggis disebut dengan berbagai macam nama lokal seperti manggu (Jawa Barat), Manggus (Lampung), Manggusto (Sulawesi Utara), Manggista (Sumatera Barat).
Buah manggis dapat disajikan dalam bentuk segar, sebagai buah kaleng, dibuatsirop / sari buah. Secara tradisional buah manggis adalah obatsariawan, wasir dan luka. Kulit buah dimanfaatkan sebagai pewarna termasuk untuk tekstil dan airrebusannya dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Batang pohon dipakai sebagai bahan bangunan, kayu bakar/ kerajinan. Pohon manggis dapat tumbuh di daerah dataran rendah sampai di ketinggian 1.000 m dpl. Pertumbuhan terbaik dicapai pada daerah dengan ketinggian 500-600 m dpl.
Pohon manggis dapat diperbanyak dengan biji/bibit hasil penyambungan pucuk dan susuan. Pohon yang ditanam dari biji baru berbunga pada umur 10 - 15 tahun sedangkan yang ditanam dari bibit hasil sambungan dapat berbunga pada umur 5-7 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar